Ahsanology.com

Tips Memilih Jurnal untuk Publikasi Artikel

(Ilustrasi. Sumber Gambar: Thereadywriters.com)

Salah satu tugas dosen selain mengajar dan melakukan pengabdian kepada masyarakat adalah mempublikasikan hasil riset mereka pada jurnal ilmiah. Tuntutan publikasi ini semakin menguat dalam kurun waktu lima tahun belakangan seiring dengan peralihan standar-standar penilaian kualitas pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Praktis, setiap perguruan tinggi mendorong pendidik mereka untuk aktif melakukan penelitian, menuliskan laporannya, lalu mempublikasikan laporan tersebut pada jurnal saintifik.

Masih dalam kurun waktu lima tahun terakhir, tren publikasi jurnal ilmiah di Tanah Air ikut berubah: dari luring ke daring. Demikian juga dengan standarisasi kualitas pengeloaan jurnal. Lewat kementerian terkait, pemerintah merumuskan indeksasi kualitas di bawah label Science and Technology Index (Sinta). Jurnal-jurnal yang telah terakreditasi praktis dimasukkan ke dalam pengelompokan Sinta. Mulai dari Sinta 1 sampai Sinta 6. Meski Sinta 6 merupakan kasta terrendah, ini masih lebih baik ketimbang jurnal yang belum terakreditasi.

Jurnal-jurnal yang ada di dalam pemeringkatan Sinta lazim disebut jurnal berreputasi. Ada dua jenis reputasi yang diperkenalkan: internasional untuk Sinta 1 dan nasional bagi Sinta 2 sampai 6. Agar dapat dianggap memiliki kualifikasi, dosen-dosen dianjurkan untuk menerbitkan hasil penelitian mereka pada jurnal berreputasi.

Memilih jurnal yang tepat untuk menerbitkan artikel kita adalah persoalan tersendiri. Tidak jarang, artikel yang selayaknya terbit pada kategori Sinta 2 justru terbit pada jurnal yang berada pada peringkat di bawahnya. Pada kasus yang lain, karena ketidakjelian dalam memilih jurnal tujuan, artikel yang dikirimkan oleh seorang penulis bisa jadi ditolak oleh dewan editor karena dianggap tidak sesuai dengan fokus dan cakupan bidang kajian jurnal.

Untuk menghindari kesalahan dalam pemilihan jurnal tujuan tersebut, berikut langkah-langkah menemukan jurnal berreputasi yang sesuai dengan kualitas dan bidang keilmuan dari artikel yang telah kita tulis.

Sekedar tambahan, jangan lupa membaca poin-poin ketentuan yang maktub pada menu Panduan-Panduan Penulis (Author Guidelines) sebelum melakukan pengiriman artikel. Pada tahap ini, tidak ada salahnya bila kita memeriksa terlebih dahulu apakah gaya penulisan artikel telah sesuai dengan ketentuan jurnal tujuan.

Bila belum sesuai, jangan ragu untuk menyesuaikan gaya penulisan artikel dengan ketentuan pada jurnal yang dimaksud. Terakhir, jangan sekali-kali menyuruh pihak pengelola jurnal untuk menyesuaikan dengan selera Anda. Dewan Editor pada jurnal berreputasi tidak membutuhkan artikel Anda.

Exit mobile version