Syarat Penggunaan Google Meet

Hanya satu. Laptop atau ponsel berkamera depan? Bukan. Hampir semua laptop dan ponsel hari ini memiliki kamera di bagian depannya.

Jika Anda seorang guru atau dosen dan ingin menggunakan Google Meet sebagai kelas virtual, maka syarat yang harus Anda miliki adalah akun email institusi yang terdaftar pada layanan Google Suite for Education. Bila belum punya, lupakan tentang Google Meet. Tidak perlu repot. Anda bisa berpaling pada aplikasi lain yang juga menawarkan layanan serupa, seperti Zoom, Webex, atau Jitsi.

Saya mengasumsikan bahwa saat ini Anda telah login pada email institusi Anda melalui layanan Gmail. Nah, untuk membuat kelas virtual, silakan ikuti tahap-tahap berikut.

  • Akses laman https://meet.google.com/
  • Klik Bergabung atau mulai rapat (Join or start a meeting)
  • Ketikkan nama kelas Anda pada jendela pop-up, misalnya Sejarah Pandemi di Indonesia. Klik Lanjutkan (Continue)

Saat ini Anda seharusnya telah masuk di dalam layanan Google Meet. Wajah Anda telah tampil di layar. Bila tidak tampil, boleh jadi driver kamera pada komputer jinjing Anda dalam masalah. Silakan ke tukang servis untuk mengkonsultasikan kendala tersebut. Baiklah, saya mengasumsikan wajah Anda tampil di layar.

  • Klik Gabung sekarang (Join now)

Sesaat setelah Anda bergabung (join), jendela pop-up akan menampilkan tautan sebagai undangan yang dapat Anda bagikan ke setiap peserta agar mereka dapat bergabung (lihat gambar di atas). Harap dicatat, tutorial ini saya buat untuk mendukung pembelajaran di tengah wabah Covid-19 yang memaksa kita lebih banyak di rumah. Jangan pernah mengundang mantan Anda. Tidak peduli seindah apapun dia.

Lupakan tentang mantan. Di panduan ini, tautan yang muncul pada saya, misalnya, adalah https://meet.google.com/vwf-ywdz-bkq. Tautan inilah yang perlu Anda kopi lalu bagi ke setiap peserta via Whatsapp, Telegram, SMS, atau yang sejenisnya.

Apakah tiap peserta harus memiliki email institusi seperti Anda? Tidak. Sebagai peserta, mereka dapat menggunakan akun Gmail reguler.

Pada tahap ini, Anda juga dapat mengundang peserta secara manual berdasarkan alamat email melalui fitur Tambahkan orang (Add people). Cara yang terakhir ini sebenarnya merepotkan, karena Anda harus memiliki alamat email dari masing-masing peserta. Saya tidak merekomendasikannya untuk Anda gunakan. Tentu saja, bila tetap penasaran, Anda boleh mencobanya sendiri. Tenang, percobaan mandiri yang berujung pada kesalahan tidak akan menyebabkan komputer jinjing Anda meledak seketika.

Bila Anda telah mengkopi dan membagi tautan kelas virtual Anda kepada tiap peserta, silakan tutup jendela pop-up tersebut.

Proses pembuatan kelas virtual melalui Google Meet telah selesai. Anda tinggal menunggu siswa atau mahasiswa Anda mengajukan permintaan untuk bergabung. Ketika jendela pop-up permintaan bergabung muncul, seperti pada gambar di bawah, klik Terima (Admit). Jangan biarkan Ia bertepuk sebelah tangan.

Satu per satu siswa Anda bergabung di kelas virtual. Wajah-wajah mereka tampil pada layar. Suara-suara mereka terdengar. Silakan mulai kelas Anda.

Syukran katsiran; matur suwun; terima kasih.

Catatan: bila video yang tampil tampak tidak lancar, jangan lupa: saya dan Anda tinggal di negara fakir bandwith.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here