BADAI UANG

Ulasan Xiaomi MiPen: Pulpen dari Bahan Polikarbonat

BADAI UANG

Xiaomi MiPen

Saya tidak berniat membeli pulpen. Awalnya, saya ingin membeli buku Jurnalistik Dasar Resep dari Tempo di Tokopedia. Akan tetapi, pesanan saya tersebut dikembalikan, karena tidak mendapatkan repson dari lapak Tempo. Ketimbang dana yang saya kirim lantas dikembalikan, saya memutuskan untuk menggunakan dana tersebut menebus pulpen besutan Xiaomi dari lini produk MiJia milik mereka. Pulpen tersebut diberi nama MiPen.

1. Kotak
Seperti produk Xiaomi umumnya, kotak MiPen tampil sederhana namun elegan dengan warna putih. Di sini, lagi-lagi, Xiaomi tampaknya meniru model kotak khas produk Apple. Tidak bisa disalahkan bila banyak orang yang menjuluki Xiaomi sebagai Apple dari Cina.

2. Isi di dalam kotak
Tidak ada buku manual dan kartu garansi. Ya, ini pulpen, bukan ponsel. Di dalam kotak MiPen hanya ada sebuah pulpen yang, dalam kasus saya, berwarna emas. MiPen sendiri tersedia dalam dua varian warna: putih dan emas.

3. Built Quality
MiPen terbuat dari bahan polikarbonat dengan bentang pulpen berukuran 9,5 mm. Kualitas bahan dan berat pulpen ini membuat MiPen tampak premium dan terasa mantap kala digenggam. Pipa tinta Mi Pen menggunakan bahan yang dibuat oleh produsen kenamaan dari Swiss, Premec. Sedangkan tinta diproduksi oleh perusahaan Mikuni dari Jepang.

Ketiadaan tekstur membuat batang MiPen cenderung licin kala digunakan, sehingga kita perlu menggenggam pulpen ini dengan tegas. Demikian juga dengan mata pulpen ini. Meski diklaim smooth oleh Xiaomi, ujung tinta MiPen relatif kasar saat saya gunakan untuk menulis di atas kertas HVS. Dibutuhkan tarikan garis yang tegas untuk menulis dengan MiPen. Tetapi, seperti yang diklaim oleh Xiaomi, tinta MiPen memang tahan air. Menulis dengan MiPen, kita tidak perlu khawatir tulisan akan rusak akibat rembesan tinta bila terkena air.

Hasil tulisan dengan MiPen yang terkena air.

Dengan rentang harga di kisaran 60-75 ribu di beberapa toko daring di Tanah Air, kalau anda masih suka menulis dengan tangan atau ingin memberikan hadiah pulpen kepada kolega anda, menurut saya, MiPen adalah pulpen perlu dimasukkan ke dalam daftar beli.

BADAI UANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *