BADAI UANG

Aplikasi Pengelola Referensi (Mendeley dan Zotero)

BADAI UANG

Selalu ada kajian pustaka (literature review) dalam setiap penelitian, baik kualitatif, kuantitatif, atau gabungan antar keduanya. Dalam struktur desain riset, peneliti dituntut melakukan kajian pustaka setelah melewati tahap penentuan topik (saya menulis topik, bukan judul) penelitian. Untuk penelitian kualitatif, umpamanya, peneliti dapat melibatkan hingga 50 sumber yang niscaya dibaca dengan cepat lalu disusun dalam sebuah peta kepustakaan (literature map).

Tidak mudah, tentu saja, karena proses ini menguras banyak energi dan waktu. Peneliti harus menyusun daftar kata kunci yang berkenaan dengan topik penelitiannya, mengunjungi perpustakaan, menelusuri katalog-katalog, membaca seluruh sumber yang berkaitan, lalu menyusun daftar bacaan tersebut. Proses ini belum termasuk penelusuran ke sumber-sumber di berbagai alamat situs basis data jurnal daring.

Alhamdulillah. Berkat kemajuan teknologi, saat ini tersedia beragam aplikasi pengelola referensi (reference manager), seperti Mendeley, Zotero, atau Endnote. Dengan aplikasi-aplikasi ini, tahap-tahap penyusunan kajian pustaka boleh jadi lebih ringkas. Dari ketiga aplikasi tersebut, dua aplikasi pertama telah saya uji coba. Sedangkan yang terakhir, belum saya cicipi, karena berbayar.

Baik Mendeley maupun Zotero memungkinkan para peneliti melakukan pencarian ke sumber-sumber daring yang berkaitan dengan topik riset mereka. Sumber-sumber tersebut dapat dikelompokkan dalam label-label (tags) berdasarkan kata kunci yang berkaitan dengan topik, sehingga peneliti dapat dengan mudah menyusun peta kepustakaan berdasarkan label-label tersebut. Di luar penelusuran daring, peneliti juga dapat melakukan penambahan sumber kepustakaan secara manual di dalam kedua aplikasi ini. Yang tak kalah asyik, kedua aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan aplikasi pengolah teks, seperti Microsoft Word.

Terang saja, fitur integratif tersebut memanjakan peneliti. Para pengembang Mendeley dan Zotero juga telah menyertakan dukungan terhadap beragam gaya pengutipan yang kerap diacu oleh para pengelola jurnal-jurnal terkemuka, semisal penulisan daftar referensi dengan gaya American Psychological Association (APA) atau Turabian. Dengan Mendeley atau Zotero, para peneliti dapat dengan mudah memasukkan daftar rujukan mereka ke dalam laporan yang sedang disusun sesuai dengan gaya pengutipan yang diinginkan tanpa repot mengetik ulang.

BADAI UANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *