Kesan dari SLIMS7 Cendana Stable

TBBM AKC JOGLO SEMARSaya tidak ingat lagi kapan persisnya. Yang pasti, beberapa tahun lalu, saya sempat memasang (install) aplikasi berbasis web, Senayan, untuk katalog online Perpustakaan Mini Nemu Buku (PMNB) di Kota Palu. Sayang sekali, katalog online itu kini tak lagi aktif.

Beberapa tahun berselang, saya kembali memasang Senayan untuk dua perpustakaan dalam satu minggu terakhir ini. Yang pertama, adalah Perpustakaan Universitas Alkhairaat Palu atas permintaan Alfagih Mugaddam dan, yang kedua, Taman Bacaan Bende Mataran milik Anand Krishna Center (AKC) cabang Jogja, Solo, dan Semarang (Joglo Semar) atas permintaan Ahmad Syukri.

Saya tidak lagi menggunakan Senayan yang sama, seperti beberapa tahun yang lalu untuk PMNB. Kali ini saya memanfaatkan Senayan versi SLIMS7 Cendana Stable.

Ketimbang Senayan sebelumnya, SLIMS7 Cendana Stable yang dirilis pada tahun 2013 punya kelebihan dari sisi tampilan antar muka (user interface) dengan sensasi rasa Bing.com — mesin pencari (search engine) besutan Microsoft yang dibuat untuk menyaingi keperkasaan Google.

Selain aspek antar muka, proses instalasinya SLIMS7 Cendana Stable juga lebih sederhana. Tidak ada utak-atik kode “index.php” yang bikin susah para pemula. Cukup unggah ke ruang hosting, extract di folder yang sudah kita siapkan, panggil di peramban (browser), masukkan Database Name, Database Username serta password-nya, dan perpustakaanmu pun akan online seketika.

Oya, mengingat SLIMS7 Cendana Stable bersifat gratis dengan kode sumber terbuka dan lisensi publik (General Public Licence [GPL]), berbekal sedikit pengetahuan tentang kode .html, .php, dan .css, kita bisa menyesuaikan tampilan antara muka situs katalog perpustakaan sesuai dengan keinginan tanpa perlu merasa berdosa.

Akhirnya, mohon maaf bila tulisan ini singkat dan sangat teknis. Jika Anda membutuhkan detil tutorial instalasi SLIMS7 Cendana Stable, silakan googling. Tulisan ini memang bukan tutorial seperti yang pernah saya buat sebelumnya. Tulisan ini, sebenarnya, saya ketik sambil lalu sebagai penyaluran dari kebuntuan di saat ingin menulis artikel tentang hermeneutika hadis-hadis dakwah berdasarkan buku Sa’id bin ‘Ali al-Qahthani yang berjudul Fiqh al-Da’wah fi Shahih al-Bukhari: Dirasat Da’awiyyah li al-Ahadits min Awwal Kitab al-Washaya ila Nihayat Kitab al-Jizyah wa al-Muwada’ah.

Tautan unduh SLIMS7 Cendana Stable:

https://www.dropbox.com/s/rfc3gbeoqjk7waz/slims7-cendana-stable.zip?dl=0

One thought on “Kesan dari SLIMS7 Cendana Stable”

  1. yah.. terimakasih Kak Ahsan untuk PMNB, yang kedua kali. semoga situs web nemubuku.org terus hidup dan bermanfaat. Secara kebetulan, niat untuk hadir di HAUL Gurutua, membuat cerita lainnya berkunjung ke Palu. rasa nyaman di pmnb, membuat bimbang untuk meninggalkan lagi tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *