Tutorial Instalasi Open Journal Systems (OJS) di Hosting Berbayar dengan Fitur cPanel

Logo Open Journal SystemPerlahan namun pasti, internet mengubah wajah dunia akademik. Karena internet, para pengelola jurnal ilmiah kini dituntut mendaringkan terbitannya. Aroma persaingan di bidang publikasi ilmiah pun semakin menggila. Kini, hampir setiap akademisi membuka akses ke tulisannya secara gratis. Seolah-oleh hukum yang berlaku bagi mereka adalah: dikutip atau mati.

Sejak akhir tahun yang lalu, sampai saat tulisan ini saya susun, saya ikut membantu pendaringan dua jurnal dengan Open Journal Systems (OJS) di domain dan jasa hosting berbayar. Lewat tulisan ini, saya bermaksud membagikan kedua pengalaman tersebut, terutama yang berkaitan dengan penyiapan serta instalasi OJS di ruang hosting dengan fasilitas kontrol cPanel.

Namun, sebelum kita teruskan, di tulisan ini saya berasumsi bahwa Anda telah memiliki domain dan ruang hosting untuk jurnal Anda, berikut username dan password login cPanel.

Menyiapkan file OJS di ruang hosting

  1. Masuklah ke ruang hosting Anda dengan username dan password cPanel yang Anda miliki
  2. Pilih menu “File Manager”
  3. Pilih “Web Root (public_html/www)”; lalu klik “Go”
  4. Unggah/Upload file sistem OJS dalam format file “.tar.gz” di folder “public_html”. Anda bisa mengunduh file sistem OJS di tautan ini https://pkp.sfu.ca/ojs/ojs_download/
  5. Bila proses unggah di atas telah selesai, Anda bisa menyegarkan/memuat ulang (refresh/reload) tab “File Manager” di peramban. Bila proses pengunggahan sukses, seharusnya, file sistem OJS sudah tersedia di “File Manager”.
  6. Pilih file sistem OJS tersebut dengan mengklik kanan dan pilih “Extract”
  7. Bukalah folder hasil “extract”. Salin (copy) semua file di dalamnya, lalu pindahkan ke folder “public_html” dengan cara mengklik semua file, lalu menyeretnya (drag) ke folder “public_html”

Extract File OJS di cPanel

Penyiapan Instalasi

Pilih folder “/home” di menu “File Manager” cPanel, lalu buatlah sebuah folder baru (New Folder) dengan nama “files” yang, nanti, berfungsi sebagai tempat penyimpanan artikel-artikel yang diunggah di website jurnal. Nama folder baru ini bisa Anda buat sesuai keinginan, misalnya “isi”, “unggah”, dan sejenisnya

Kembalilah ke halaman awal cPanel, dan siapkan nama database beserta username dan password database situs jurnal Anda dengan cara:

a) Kembali ke halaman awal cPanel

b) Klik “MySQL Databases”

MySQL Databases untuk Jurnal

c) Isikan nama Database di tab “Create a New Database” dan klik “Create Database”

Create a New Databases

d) Setelah nama database dibuat, proses berikutnya adalah membuat username dan password untuk nama database tersebut dengan cara: kembali ke hamalan “My SQL Database”, isikan username dan password pada tab “MySQL Users”, lalu klik “Create a User”

Create Users Databases

e) klik “Go back” untuk kembali ke halaman “MySQL Databases”, perhatikan bagian “Add a User to a Database”. Pastikan User dan Database pada bagian tersebut secara khusus Anda peruntukkan untuk instalasi OJS. Bila sudah sesuai, klik “Add”

f) contreng “ALL PRIVILEGES” untuk memberikan hak akses penuh kepada user database, lalu klik “Make Changes”

 Instalasi

Bila proses penyiapan instalasi di atas telah selesai, sekarang waktunya Anda memfinalisasi instalasi OJS dengan cara:

Buka situs jurnal Anda dengan mengetikkan nama domain di peramban. Catatan: bila proses penyiapan instalasi di atas telah dilakukan dengan betul, seharusnya Anda telah berada di halaman instalasi seperti gambar di bawah ini:

OJS Instalation

Isilah dengan cara mencontreng dan mengetik kolom-kolom instalasi OJS di halaman situs Anda sesuai dengan panduan berikut:

Primary Locale: English

Additional Locales: Indonesian

Client character set: Unicode (utf-8)

Connection character set: Not applicable

Database character set: Not applicable

Directory for uploads: /home/k****09**p/files (bila nama folder yang dijadikan tempat penyimpanan artikel jurnal diberi nama lain, maka Anda harus menghapus “files” dan menggantinya dengan nama folder yang sudah Anda siapkan sebelumnya)

Password ecryption algorithm: MD5

Administrator Account: masukkan username, password, dan alamat email yang akan Anda gunakan sebagai otentikasi login administrator di jurnal Anda)

Administrator Account

Database Settings: masukkan username database, password username database, serta nama database jurnal yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Hapus contreng pada bagian “Create a new database”, karena database sudah Anda siapkan sebelumnya.

Database Settings

OAI Settings: biarkan sesuai bawaan

Klik “Install Oper Journal System”

Bila proses di atas telah sesuai, seharusnya instalasi sukses dan Anda akan dibawa ke halaman OJS Installation seperti di bawah ini:

Post Installation

Klik “login” lalu ketikkan username dan password  Administrator yang telah Anda tentukan sebelumnya untuk berpindah ke proses berikutnya (pengaturan situs jurnal Anda).

Login

Akhirnya, andai ada bagian dari tutorial ini yang membingungkan, tidak perlu sungkan, Anda bisa mengirimkan pesan pertanyaan ke email: ahsanology@gmail.com.

10 thoughts on “Tutorial Instalasi Open Journal Systems (OJS) di Hosting Berbayar dengan Fitur cPanel”

  1. Salam Gan,ingin tanya,saya sudah instalasi ojs tp setiap mo upload file muncul tulisan “there is no readable file in your database,is safe mode or basedir active?” Kesalahannya dimana ya Gan?trims

    1. Salam juga, gan. Waktu proses instalasi, folder untuk tempat unggahan file artikel jurnal sudah dibuat lebih dulu? Dilihat dari keterangannya, aplikasi manajemen hosting yang agan statusnya tidak terbaca di database.

  2. gann yang punya web ga bisa diinstal… ojsnyaa
    ada tulisannya
    Errors occurred during installation:

    ” The directory specified for uploaded files does not exist or is not writable.”

    1. Tahap:
      “Pilih folder “/home” di menu “File Manager” cPanel, lalu buatlah sebuah folder baru (New Folder) dengan nama “files” yang, nanti, berfungsi sebagai tempat penyimpanan artikel-artikel yang diunggah di website jurnal. Nama folder baru ini bisa Anda buat sesuai keinginan, misalnya “isi”, “unggah”, dan sejenisnya”
      Sudah bener, gan?
      Sebatas pengalaman saya, kalau keterangan yang keluar: ” The directory specified for uploaded files does not exist or is not writable.”, biasanya karena OJS yang mau diinstall nggak bisa mengidentifikasi direktori yang mau dijadikan tempat file artikel disimpan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *