Ekspedisi Warung Kopi – Kedai Kopi Brun’s di Kota Magelang

Kedai Kopi Brun's
Kedai Kopi Brun’s

Gara-gara membaca profil Franky Angkawijaya dan lembaga kursus baristanya, Esperto Barista Course, yang muat di Harian Kompas (15/2/2015), saya lantas berniat “naik kelas”: dari peminum kopi biasa menjadi orang yang juga mengerti kopi dan cara penyajiannya. Saya pun mulai rutin membaca dan melahap semua jenis informasi tentang kopi. Tentu saja, semua ini saya lakukan sembari terus minum kopi di rumah atau di warung-warung kopi yang saya temui.

Bila sedang berada di Magelang, saya kerap berkunjung ke Kedai Kopi Brun’s. Sebatas yang saya ketahui, inilah warung kopi paling serius di Kota Magelang. Terselip di antara toko-toko di kawasan Pecinan yang menjadi denyut nadi dari kota ini, Brun’s berdiri sejak tahun 2008.

Saya menyebut Brun’s sebagai warung kopi serius, karena minuman kopi yang mereka sajikan diproses terlebih dahulu di penggiling (grinder) bermerek Mazzer lantas diekstrak lewat mesin espresso (espresso machine) berlabel La Cimbali M22 Plus yang populer di kalangan barista serta berbanderol selangit. Beragam jenis minuman kopi jenis Arabica dari Wonosobo mereka sediakan di sini.

Kalau Anda adalah tipe orang yang suka menikmati kopi sambil merokok, tak perlu risau, Kedai Kopi Brun’s memiliki dua lantai, dimana salah satunya dikhususkan untuk Anda. Tata telak meja-kursi di tiap lantainya, menurut saya, menyenangkan dengan pencahayaan yang lembut dan memanjakan pengunjungnya.

Sayang sekali, koneksi Wi-Fi di Brun’s tergolong lambat untuk penggila internet seperti saya. Selain itu, beberapa menu kopi yang disajikan juga di luar pakem yang lazim saya ketahui. Kopi latte di Brun’s, misalnya, tidak disajikan dengan seni hiasan yang akrab disebut Latte Art. Demikian juga dengan Espresso Doppio-nya yang tersaji justru di gelas kecil, seolah bukan double espresso atau double shot dan tanpa crema.

Terlepas dari dua catatan di atas, bila Anda ingin menikmati pahitnya kopi Arabica dari dataran tinggi Wonosobo atau sekedar santai sambil menikmati sejuk Kota Magelang, tak ada salahnya singgah di Kedai Kopi Brun’s.

Kedai Kopi Brun's di Pecinan, Kota Magelang
Kedai Kopi Brun’s di Pecinan, Kota Magelang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *