Twitter University: Universitas yang Melampaui Ruang dan Waktu

Gambar Logo TwitterKeisengan tidak selalu buruk. Paling kurang, itu yang saya tahu dari hasil memencet menu-menu di situs Twitter. Dari sini saya dibawa masuk ke berbagai informasi tentang produk Twitter. Saya pun akhirnya menjadi tahu bahwa Twitter, ternyata, punya universitas. Ya, Universitas Twitter alias Twitter University.

Di tangan tim pengembang situs jejaring sosial bermodal 140 karakter ini, universitas kini melintasi sekat ruang dan waktu. Kini, kita bisa memiliki apa yang lazim disebut universitas tanpa harus membangun gedung-gedung kelas berlantai lebih dari dua atau menyusun jadwal tatap muka di kelas.

Di situsnya (engineering.twitter.com/university), Universitas Twitter menyajikan ruang belajar vitual berbasis video yang diunggah di Youtube. Staf pengajarnya terdiri dari anggota tim pengembang di internal Twitter. Materi-materi yang disediakan terfokus pada isu-isu di sekitar ilmu komputer, seperti macam-macam coding dari berbagai platform bersumber terbuka.

Meski demikian, di universitas virtual ini, Twitter juga menyediakan publikasi riset-riset yang berhubungan dengan Twitter. Mereka mengundang siapa saja untuk menyumbangkan tulisan hasil risetnya di sini sekaligus menjadi bagian dari komunitas peneliti mereka. Yang asyik lagi, riset-riset tersebut bisa diunduh lantas dibaca dalam format .pdf.

Didirikan empat hari sebelum peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di tahun 2013, melalui Universitas Twitter, perusahaan jejaring sosial ini ingin memberikan ruang berkembang bagi para teknisinya sekaligus memberikan tempat untuk membagikan keahlian mereka kepada masyarakat luas, terutama para pembelajar di dunia komputer. Twitter mengejawantahkan keinginan ini di bawah slogan: Building a Culture of Learning for @TwitterEng and the World at Large.

Ingin mengikuti kuliah di Universitas Twitter? Kau bisa ikut kuliah tentang Summingbird bersama Oscar Boykin dengan menonton video di bawah ini. Tetapi, jika kau tak tertarik mencari tahu lebih jauh apa yang dimaksud Summingbird dan bagaimana cara kerjanya dalam proses streaming, kau tak ada bedanya dengan saya. Tidak perlu buang-buang waktu. Cukuplah kita tahu bahwa Twitter punya universitas: Twitter University.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *